Pembukaan Pembekalan KKD Angkatan XVII

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGo) menggelar kegiatan pembukaan pembekalan Kuliah Kerja Dakwah (KKD) yang dirangkaikan dengan Kuliah Umum oleh Pemda Bolaangmongondow Utara sekaligus penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemkab Bolmut.

Ketua LPPM Muh. Firyal Akbar,S.IP.,M.Si dalam sambutannya menyebutkan “Kegiatan KKD merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh LPPM, dan menjadi agenda tetap di kalender akademik UMGo, yang hingga saat ini sudah pada angkatan ke XVII dimana diikuti oleh 274 peserta yang tersebar di sebelas program studi dan akan ditempatkan pada 10 lokasi berbasis zonasi yang didampingi oleh sepuluh orang pendamping”.

Selain itu, ada perubahan yang terjadi pada sistem registrasi atau pendaaftaran KKD dimana pertama kalinya mengunakan aplikasi Sistem Informasi KKD (SIKKD), menariknya aplikasi ini diciptakan sendiri oleh alumni mahasiswa UMGo Fakultas Sains dan Teknologi, atas nama Muslim Panigoro.

Untuk Tema KKD tahun ini “Aktualisasi Nilai Ta’awun Sebagai Basis Pengabdian Maasyarakat di Masa Pandemi Covid-19. Tema ini mengandung makna bahwa mahasiswa yang ada di UMGo, sudah saatnya mengambil peran penting dalam menumbuhkan perilaku tolong-menolong antar sesama, sebagai bentuk aplikasi ilmu yang telah didapatkan selama beberapa semester yang telah dilalui.

Selanjutnya kegiatan pembekalan KKD tersebut dibuka langsung oleh Rektor Prof. Dr. Abd Kadim Masaong, M.Pd yang dalam sambutannya memberikan beberapa pesan penting kepada mahasiswa peserta KKD yang diantaranya mengingat saat ini sedang berada di masa pandemi Covid-19 maka untuk tempat pelaksanaan KKD itu masih di Lingkup Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *